Jumat, 09 Januari 2015

Seni tari Bali dan jenis jenis tari Bali

Selamat Datang Di Seniman Blogger

Kali ini saya akan memposting tentang seni tari bali
Seni tari adalah seni gerak ritmik yang mengikuti alunan gambelan
Tari Bali dapat dikategorikan menjadi tiga jenis yaitu, wali (sakral) atau bebali (upacara) dan balih-balihan (hiburan) Tari wali
tari wali adalah tarian sakral,biasa nya di pentaskan di halaman pura (jeroan),beberapa jenis tari wali sebagai berikut:
  • Rejang dewa, tarian yang ditampilkan oleh wanita secara berkelompok di halaman pura pada saat berlangsungnya upacara.Tari rejang memiliki gerakan yang sederhana dan lemah gemulai.

  • Baris, jenis tarian pria, ditarikan dengan gerakan yang maskulin.Berasal dari kata bebaris yang bermakna prajurit, tarian ini dibawakan secara berkelompok, berisi 8 sampai 40 penari.
  • Pendet, adalah tarian pembuka upacara di pura. Penari yang terdiri dari wanita dewasa menari sambil membawa perlengkapan sesajen.Gerakan Tari Pendet lebih dinamis dibanding Tari Rejang.Kini, Pendet telah ditarikan untuk hiburan, terutama sebagai tari penyambutan.

  • Barong adalah seni tari yang menceritakan pertarungan antara kebajikan dan kejahatan.Tokoh utama adalah barong, hewan mistik yang diperankan dua penari pria, seorang memainkan kepala dan kaki depan, seorang lagi jadi kaki belakang dan ekor.

Balih-balihan

Balih-balihan adalah jenis tarian yang bersifat non-religius dan cenderung menghibur. Ditampilkan di halaman depan atau luar pura.Jenis-jenisnya:
  • Janger adalah tarian pergaulan yang dibawakan oleh penari laki-laki maupun perempuan. Penari putri mengenakan mahkota berbentuk merak berwarna emas dan hiasan daun kelapa kering. Sebagian besar tarian ditampilkan dalam posisi duduk, dengan gerakan-gerakan tangan, bahu dan mata.
  • Legong adalah tarian yang diciptakan oleh Pangeran Sukawati berdasarkan mimpinya melihat bidadari.Penari legong yang berjumlah 3 orang menari mengikuti permainan gamelan semar pagulingan.
  • Kecak adalah tarian beramai-ramai yang dibawakan di malam hari mengelilingi api unggun.Ditampilkan oleh seratus atau lebih pria sambil duduk, dipimpin oleh pendeta di tengah-tengah. Tari kecak tak diiringi musik, tapi hanya tepukan telapak tangan yang memukul bagian-bagian dari tubuh agar menghasilkan suara. Mereka mengucapkan kata-kata "cak, cak, cak" untuk menghasilkan suatu paduan suara unik.

Tari topeng

Oke kita lanjut ke tarian topeng,tarian yang paling saya suka,karena tarian topeng ini tidak memerlukan make up,kita hanya perlu menggunakan topeng (tapel).Menarikan tari topeng dilakukan untuk memainkan kisah kehidupan nenek moyang, kisah Ramayana atau riwayat sejarah.
Tari topeng yang terkenal antara lain Topeng pajengan. Tari ini dipentaskan pada saat upacara akil balig (metatah), pernikahan, dan perayaan di dalam pura. Cerita Topeng Pajegan didasarkan dari Babad Bali yang menceritakan kisah raja-raja Bali dan menteri-menterinya.
TARI HIBURAN
Selanjut nya adalah tari hiburan,tari hiburan tidak memerlukan gerakan-gerakan yang khusus.Tari hiburan hanya untuk kesenangan saja.Tidak ada unsur keindahan.Salah satu Tarian Hibura adalah tarian joget bumbung.yang cwek menari dengan beberapa orang sedangkan penonton cwok nya nanti akan mengibing yang cewek nari.Sebenar nya sih tarian joget bumbung ini tergantung orang yang menarikan nya,kalau orang yang menarikan nya agresif tarian itu akan membuat unsur negatif,tapi kalau yang menarikan nya tidak begitu hot,tarian itu hanya semata mata untuk hiburan saja,


Sekian dulu posting saya untuk seni tarii,semoga bermanfaat
Seniman blogger bukan hanya memposting tentang budaya Bali saja sob,,nanti saya juga akan memposting tentang ilmu komputer,karena saya selain seniman juga anak TI  :D

0 komentar:

Posting Komentar

 
;